Senin, 14 Maret 2011

Monoton


Jadi ceritanya di kamar kos ada banyak botol air mineral 1500 ml-an kosong. Bosen ngeliatnya. Kenapa semua merk bentuk botolnya sama ? Apa bentuk botol yang sebegitu kembarnya ada hubungannya sama ilmu fisika sehingga air dan tekanan udara di dalam botol bisa bla bla bla ?
Kenapa coba bentuk botol air mineral nggak yang lebih lucu lagi. Misalnya bentuk kotak makan gitu. Atau kalo nggak ya bentuk kayak tetesan air, kan lebih ngena dan lebih satu tema sama slogan-slogan mereka yang ‘dari mata air pegunungan’.
Salah ya. Itu pertanyaan yang terlalu tinggi. Kalo pake gaya-gayaan bentuk piramida hierarki Maslow, bentuk botol air mineral mungkin ada di bagian teratasnya, produk jadinya, tahap akhirnya. Harusnya pertanyaannya lebih mendasar, karena yang paling dasar itu kalo dirubah akan bisa ngerubah semuanya sampe ke hasil akhirnya.
Jadi pertanyaannya adalah : kenapa orang-orang nggak think out of the box ? Faktanya, mereka terlalu sama dan monoton dalam berpikir.
Sama aja kayak helm. Semuanya sama. Nggak sama persis sih, tapi konsep bentuknya standar kan itu-itu aja. Makanya bagus banget kalo pernah diadain yang namanya Lomba Desain Helm. Keliatan cupu dan useless dan kayak main-main ya ? Tapi justru itu, karena tiap orang punya potensi dan jalan berpikir yang nggak sama itulah, jadinya bagus kalo ada yang mendukung perkembangan kebiasaan think out of the box itu.
Sayangnya, jarang. Bahkan manusia pun di mana-mana hafalannya sama kalo urutan abjad sesudah A itu B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z.
So monotonous, right ?

2 komentar:

ndrandri mengatakan...

hmm.. menarik..
kenapa orang-orang nggak think out of the box?? mumgkin mereka takut dianggap aneh, weird, bizzare, silly, atau apalah kata2 yang tepat. berpikir dan bertindak berbeda dari orang lain itu masih dianggap sesuatu yang tidak biasa. mengutip pesan dari salah satu iklan rokok di televisi. mereka itu termasuk orang-orang yang "merasa malu untuk malu". jadi bukan so monotonous, tapi so conservative... hahahaha..

ngomongin botol air mineral, jadi inget salah satu produk AQUA yang jaman dulu, AQUA yang ada rasa buahnya. Inget, kan?? Siprodusen kayaknya udah think out of the box, buat produksi AQUA rasa buah. tapi nggak lama juga kan produk itu beredar. Nggak ada peminatnya. Mungkin masyarakat kita masih terlalu konservatif soalnya Brand Image AQUA di masyarakat kita itu air mineral, bukan minuman rasa buah

Putripus mengatakan...

bener mbar, aku sendiri belom bisa sih think out of the box, but I'm on my way to try..

Haha iya, aku inget.. mungkin tastenya juga kurang cocok di lidah tabunya orang Indonesia, makanya nggak bertahan lama.. but nice try, right ?

Posting Komentar

Silakan meninggalkan jejak :)

Cari di Sini

 
 
Copyright © Sepotong Keju
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com