Kamis, 10 Maret 2011

Udang Balado


Liburan emang paling asik kalo eksperimen di dapur, masak-masak gitulah. Nah ini sebenernya udah yang kedua kalinya aku bikin udang balado sendiri. Resepnya sih dari Mama. Tapi asli, gampang banget bikinnya. Orang yang nggak punya keahlian masakpun juga pasti bisa.

Yang perlu disiapin adalah :

Cukup jelas kan ya dari gambarnya. Udang yang udah dikupas kulitnya, cabe merah besar 3 buah, bawang merah 3 siung, bawang putih 3 siung, tomat setengah buah. Bumbu tambahannya cuma penyedap rasa, garam secukupnya, gula secukupnya, dan sedikit air.

Pertama-tama, cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, garam dihaluskan. Berhubung aku nggak doyan makanan pedes, jadi nggak ada satupun cabe rawit di resep ini. Baladonya jadi kurang kerasa kali ya kalo nggak pedes. Tapi buat kalian yang doyan banget sama masakan pedes, ditambahin sekilo cabe rawit juga monggo.

Oiya, tips tambahan nih, bumbu masakan itu akan lebih enak kalo dihalusin manual pake ulegan tangan. Kalo pake blender atau alat penghalus lain, rasanya bakalan kurang sedep.


Kalo bumbu udah halus, panaskan minyak secukupnya. Setelah panas, masukkan bumbu yang udah dihaluskan. Tumis bumbu beberapa saat sampai aromanya wangi dan warnanya udah berubah jadi lebih muda dan cenderung agak pucat sebagai indikasi bumbunya udah matang.

Setelah itu, udangnya masukkan semua. Aduk sampai rata. Jangan lupa tambahkan bumbu penyedap rasa dan gula secukupnya. Aduk lagi sampai rata.

Kalau udangnya udah hampir matang, tambahkan sedikit air. Tutup wajannya, cuekin agak lama sampai airnya asat supaya bumbunya meresap ke udangnya. Jangan lupa dicoba masakannya, kalo terlalu manis tambahin garam.

Daaaaan, tadaaa ! Udang balado siap disantap sama nasi. So easy kan ?

resep untuk 1-2 porsi, feel free to try :)

2 komentar:

Dunia Laras mengatakan...

jadi laper :9
hahaha
mampir ya ke blogku: http://laraspalupi.blogspot.com/
makasih :D

Putripus mengatakan...

makasih yaaa, aku udah mampir d blog kamu :3

Posting Komentar

Silakan meninggalkan jejak :)

Cari di Sini

 
 
Copyright © Sepotong Keju
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com