Minggu, 05 Februari 2012

#23 Terbaik (?)


Buat Jinceng.
Mungkin surat ini adalah surat terbuntu yang pernah aku bikin ya. Tapi, Ceng, serius, ini penting.
Baru kemarin ya kita main ke rumah kamu. Cerita ini-itu. Ketawa-ketawa. Ngetawain IPmu yang jatuh mengenaskan, yang bikin kamu nulis status-status stress di facebook. Iya Ceng, aku ikut ketawa. Tapi malam ini aku ngerasa bodoh. Bagaimana bisa hal sekrusial masalah akademik gitu bisa bikin kita ketawa dan kita jadiin bercandaan. Nyakitin banget lho itu sebenernya.
Jadi, Ceng, maaf ya aku kemarin ikut ngetawain. Malem ini aku tahu yang kamu rasain. IPku juga jatuh, Ceng. Ngenes rasanya. Sedih parah. Berusaha menguatkan diri dengan bilang “nggak ada yang sia-sia” itu susah. Jungkir balik belajar bermalam-malam suntuk rasanya kalah telak dengan hasil yang nggak memuaskan.
Tapi, Ceng, terus aku mikir lagi. Jauh-jauh hari kemarin, aku punya rencana untuk cuma ngambil beberapa SKS di semester depan karena mata kuliah yang perlu diambil udah muali berat-berat sementara rentang waktu satu semester juga nggak banyak. Jadi, walaupun IPku bagus, aku akan tetap ngambil beberapa. Bukannya itu lebih sia-sia ?
Jadi, aku ngerasa flip-flop sama Allah. Ngerasa Allah ngasih aku IP segitu untuk ngompakin rencanaku. Daripada IPku bagus, tapi cuma ngambil sedikit SKS. Nggak tau ya, aku nggak lagi berusaha menghibur diri sih. Nggak lagi berusaha berpikiran positif juga, karena—hei—siapa yang nggak sedih lihat IPnya anjlok ? Tapi aku sadar banget kalau IP segitu di KHSku adalah hasil yang terbaik. Hasil yang paling sesuai sama apa yang aku rencanakan. Hasil yang nggak berbuntut pada kata ‘sia-sia’, karena Allah pun tahu gimana usaha kita. Maksimal menurut kita, belum tentu maksimal menurut Dia.
Tandanya, kita masih sangat bisa lebih baik dari ini.
Oke kan, Ceng ? Semangat !

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan jejak :)

Cari di Sini

 
 
Copyright © Sepotong Keju
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com