Minggu, 18 September 2011

Penumpas Kejahatan


Putri Puspita Sari. Itu adalah nama terstandar yang orang tua saya sendiri mengaku menyesal ngasih saya nama kayak gitu. Bukannya jelek, tapi orang tua saya maunya ngasih nama yang lebih islami buat saya. Tapi yah, maklum, jaman segitu orang tua saya nggak seberapa ngeh kalau nama adalah doa.
Sampai akhirnya saya dapat tugas di mata kuliah Kepribadian untuk menulis tentang arti nama yang saya, dan para mahasiswa lain punya. Sebenarnya ini masalah kecil, tapi mendadak jadi masalah besar ketika ternyata orang tua saya sendiri nggak tahu arti nama saya apa.
“Jaman dulu itu jarang yang namanya Putri. Terus ya udah Mama kasih kamu nama Putri. Terus pengennya dilanjutin pake Puspa Sari. Tapi kata Papa jelek, akhirnya diganti Puspita Sari. Udah, gitu aja”
“Terus Ma, artinya ?”
“Apa ya ? Nggak tahu, bikinnya aja pake kira-kira. Jaman segitu sih nggak banyak mikir cuma untuk ngasih nama anak”
Tertegun. Padahal saya berekspektasi kalau nama saya benar-benar meaningful kayak nama teman-teman saya yang lain. Tapi jawaban Mama ini sedikit lebih melegakan daripada jawaban Papa. Dulu sekali, saya juga sempat tanya ke Papa arti nama saya.
“Jadi, pas Mama ngelahirin kamu dan nginep di rumah sakit, kan banyak yang ngunjungi. Nah dapet bingkisan lotion antinyamuk yang merk S*ri P*spa itu lho. Ya udah, terinspirasi dari sana”
Jadi, nama saya hanya sebatas ide dari lotion antinyamuk ? Itu. Lebih. Menyakitkan. Dan nggak tahu kenapa saya jadi nggak pernah mempermasalahkan lagi saya mau dipanggil Pupus, Pus Meong, atau apalah. Karena punya nama bagus sekelas ‘Putri’ pun nggak ada artinya. Fiuh.
Jadi mungkin, di tugas Kepribadian yang saya kumpulin minggu ini, saya mau sedikit ngarang :
Waktu saya menanyakan ke orang tua saya tentang arti nama saya, mereka sepakat menjawab bahwa Putri Puspita Sari adalah nama yang terinspirasi dari lotion antinyamuk yang sedang booming pada masa itu. Selebihnya, orang tua saya sendiri tidak tahu apa arti nama saya.
Jadi, saya berkesimpulan, mungkin orang tua saya memberikan saya nama seperti itu diiringi doa agar saya menjadi Putri atau anak yang dapat menumpas kejahatan dan melindungi sesama, seperti halnya lotion antinyamuk melindungi manusia dari gigitan nyamuk.
Cukup oke ?

5 komentar:

ROe Salampessy mengatakan...

hahahaha.. ngakak baca postingan ini.

jangan marah yah.

Putripus mengatakan...

hahaa, makasih :3

Anonim mengatakan...

Haahahha,..ikutan ketawa baca postinganmu,kebetulan nama belakangku juga Puspitasari dan aku tanya ibuku itu artinya "sari dari bunga",puspita = bunga

Putripus mengatakan...

hahaa maaf ya, namamu kena juga :p
wah makasih infonya :)

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

Silakan meninggalkan jejak :)

Cari di Sini

 
 
Copyright © Sepotong Keju
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com