Rabu, 05 Januari 2011

Roti Goreng Keju


Saya suka masak, sukaaaaa sekali. Tapi karena saya tipe orang dengan short term memory, saya menjadi seseorang yang tidak pandai memasak karena susah menghafalkan komposisi bumbu yang pas untuk membuat suatu masakan. Jadi, saya hanya bisa sebatas membantu memasak, bukan untuk diandalkan sebagai juru masak di rumah.
Nah, jelas banget kan saya juga suka acara masak-memasak. Salah satu acara favorit saya di TV itu judulnya Ala Chef, yang Farah Quinn itu lho. Nah beberapa minggu yang lalu saya nonton salah satu episodenya dengan menu yang simpel tapi asyik. Lupa banget sih nama menunya apa. Yang jelas bahan dasarnya roti tawar, terus nanti diisi tumisan udang sama keju, terus digulung, terus dikasih tepung roti, terus digoreng. Enak banget kan ? Nah, saya jadi iseng pengen nyoba. Dan karena keterbatasan bahan, akhirnya saya buat sesimpel mungkin.
Pertama, siapin roti tawar, keju lembaran, tepung terigu, gula, susu bubuk, air, mentega.
Nah, roti tawar kan bentuknya persegi, potong secara diagonal hingga membentuk segitiga. Tujuannya supaya nggak terlalu gede ukurannya karena akan ngembang waktu digoreng.
Setelah itu, iris keju lembaran menjadi 4 bagian, secara diagonal juga mnegikuti bentuk roti tawar. Sebenarnya 2 bagian saja cukup, tapi tergantung selera sih. Karena keju yang saya beli udah asin banget, jadi saya potong jadi kecil aja supaya nggak eneg.
Taruh 1 potong keju di atas roti tawar, terus lipat roti tawarnya jadi 2 bagian sehingga potongan keju tadi posisinya ada di dalam lipatan roti tawar sebagai isian.




Terus, mari kita siapkan tepung pembalut rotinya ! Tet teret tereeeet… (sangkakala ditiup)
Di sini, nggak ada takaran yang pasti, semua cukup dikira-kira. Jadi, masukin terpung terigu ke satu wadah secukupnyalah. Tambahin gula pasir satu sendok makan penuh. Tambahin susu bubuk secukupnya, margarine secukupnya juga. Tambahkan air, aduk sampai rata. Jangan terlalu kental, jangan terlalu encer juga.



Terus, masukin roti tawar yang udah diisi keju tadi ke dalam adonan tepung. Goreng dalam minyak yang panas. Kalo udah cokelat dan mengindikasikan roti goring udah mateng, jangan diterusin sampai gosong.


Oke, gambarnya terlihat nggak menarik sama sekali, tapiiiii rasanya enak, manis tapi dalemannya gurih. Asik lah pokoknya. Well, aku kemaren Cuma bikin 6 potong aja sih. Dan yang lebih asik lagi adalah hari ini Mama nyuruh aku bikin lebih banyak lagi.
See ? Hal simpel dan kecil bisa menjadi hal yang menyenangkan, asal dicoba :) Cao !




0 komentar:

Posting Komentar

Silakan meninggalkan jejak :)

Cari di Sini

 
 
Copyright © Sepotong Keju
Blogger Theme by BloggerThemes Design by Diovo.com